RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA/ MA……………………………
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/ Semester :
X / I (Ganjil)
Materi Pokok :
Kegiatan Ekonomi, Prinsip Ekonomi, Motif Ekonomi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
(Pertemuan 1)
1 x 45 menit (Pertemuan 2)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Mensyukuri
sumber daya sebagai karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan
2.2 Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri,
adil, berani peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
3.1 Mendeskripsikan
konsep ilmu ekonomi
4.1 Menyajikan konsep ilmu ekonomi
|
1.1.1
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan
kegiatan pembelajaran
1.1.2
Mengucapkan
salam sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
2.2.1
Tidak mencontek dalam mengerjakan
tugas individu
2.2.2
Mengumpulkan tugas
tepat waktu
2.2.3
Berani bertanya dan menyampaikan ide atau gagasan
3.1.3. Menjelaskan
pengertian kegiatan
pokok ekonomi
3.1.4. Menguraikan
macam-macam
kegiatan pokok ekonomi
3.1.5. Menjelaskan
prinsip ekonomi
3.1.6. Menjelaskan motif ekonomi
4.1.2
Memaparkan hasil analisis keterkaitan
kegiatan pokokn ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan
4.1.3
Terampil menganalisis keterkaitan antara
prinsip ekonomi dengan motif ekonomi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Kompetensi
Sikap Spiritual dan Kompetensi sikap (Pertemuan 1 & 2)
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.1.1.1
Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan pembelajaran
1.1.2.1
Terbiasa Memberi salam sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
2.2.1.1
Terbiasa tidak mencontek ketika
mengerjakan tugas individu yang diberikan oleh guru
2.2.2.1
Mengumpulkan tugas
tepat pada waktunya
2.2.3.1 Berani bertanya dan
menyampaikan ide atau gagasan
Kompetensi Pengetahuan Dan Ketrampilan
Pertemuan
ke-1
3.1.3.1
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian kegiatan pokok ekonomi dengan benar
3.1.4.1
Peserta didik mampu menguraikan macam-
macam kegiatan pokok ekonomi dari informasi yang telah diperoleh peserta didik
dengan tepat.
3.1.4.2
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan
kegiatan produksi dengan benar
3.1.4.3
Peserta didik dapat menyebutkan factor produksi
dengan benar
3.1.4.4
Peserta didik mampu menguraikan
macam-macam perantara dalam kegiatan distiribusi dengan tepat
3.1.4.5
Peserta didik dapat menyebutkan factor
yang mempengaruhi kegiatan konsumsi dari apa yang telah diamati dengan tepat.
3.1.4.6
Peserta didik mampu menganalisis
keterkaiatan antara kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dalam pemenuhan
kebutuhan
4.1.2.1
Peserta didik memaparkan hasil analisis
keterkaitan kegiatan pokok ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan
Pertemuan
2
3.1.5.1
Peserta didik dapat mendefinisikan
pengertian prinsip ekonomi dengan benar
3.1.5.2 Peserta didik dapat Memberi
contoh penerapan prinsip ekonomi di
kehidupan
sehari-hari dengan tepat
3.1.6.1
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian motif ekonomi dengan benar
3.1.6.2
Peserta didik dapat mengidentifikasi
macam-macam motif ekonomi yang mendasari kegiatan ekonomi dengan benar
3.1.6.3 Peserta didik dapat memberi
contoh tindakan manusia yang didasari motif ekonomi
dengan tepat
3.1.6.4 Peserta didik dapat menganalisis
keterkaitan motif ekonomi dengan
kegiatan ekonomi
4.1.3.1 Terampil menganalisis
keterkaitan antara prinsip ekonomi dengan motif ekonomi
D. Materi Pembelajaran
(Lampiran
1)
Pertemuan 1
Ø Kegiata
Ekonomi
-
Produksi
-
Distribusi
-
Konsumsi
Pertemuan 2
Ø Prinsp
Ekonomi
Ø Motif
Ekonomi
E. Metode Pembelajaran
(Pertemuan 1 & 2)
Pendekatan
: Pendekatan Saintifik
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Pertemuan 1
Media : Slide Power Point, gambar
kegiatan ekonomi (Lampiran 2)
Alat : LCD, Laptop, White Board,
Sumber
Belajar :
- Mulyadi,Endang dan Erick Wicaksono.2013.Ekonomi SMA Kelas XI Sesuai Kurikulum 2013.Yudhistira:Jakarta.
- Alam S.2014. Ekonomi SMA Kelas XI Sesuai Kurikulum 2013.Esis:Jakarta.
Pertemuan
2
Media : Slide Power Point
Alat : LCD,Laptop, White Board
Sumber
Belajar :
- Mulyadi,Endang dan Erick Wicaksono.2013.Ekonomi SMA Kelas XI Sesuai Kurikulum 2013.Yudhistira:Jakarta.
- Alam S.2014. Ekonomi SMA Kelas XI Sesuai Kurikulum 2013.Esis:Jakarta.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan
1
|
||
Pendahuluan
|
-
Guru memberikan salam pembuka dan
mengajak peserta didik untuk bersama-sama berdoa sebelum memulai kegiatan
belajar
-
Guru mengecek kehadiran peserta didik
agar peserta didik terbiasa disiplin
-
Guru memotivasi peserta didik dengan
memberikan semangat belajar
-
Guru mereview kembali untuk
mengingatkan materi tentang ilmu ekonomi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Apersepsi : apakah peserta didik
sebagai pelajar pernah melakukan kegiatan ekonomi?
-
Guru membagi peserta didik dalam
kelompok yang masing masing kelmpok terdiri dari 4-5 peserta didik
|
10 Menit
|
Inti
|
Kegiatan
Inti
Guru menayangkan gambar-gambar pada
power point untuk memperkuat konsep pemahaman peserta didik mengenai kegiatan
pokok ekonomi
1.
Mengamati
-
Peserta didik melakukan pengamatan gambar kegiatan
ekonomi yang disajikan oleh guru dalam slide power point
-
Peserta didik membaca
dengan cermat buku pegangan peserta didik materi kegiatan ekonomi dan macam
–macamnya.
-
Peserta membaca dari berbagai sumber
(Buku, Internet) mengenai tujuan kegiatan produksi dan factor produksi
-
Peserta didik membaca buku untuk
mengetahui macam-macam perantara kegitan distrbusi dan factor yang mempengaruhi
seseorang melakukan kegiatan konsumsi
2.
Menanya
-
Peserta didik diberi motivasi untuk
saling mengajukan pertanyaan tentang materi kegiatan produksi, distribusi dan
konsumsi baik kepada teman kelompoknya maupun kepada guru.
3.
Mencoba
-
Peserta didik bersama kelompoknya mencoba
mencontohkan kegiatan ekonomi yang dilakukan pada kehidupan sehari-hari
-
Peserta
didik diberi tugas secara kelompok
untuk
mengumpulkan materi kegiatan ekonomi produksi, tujuan kegiaan produksi,
factor produksi, kegiatan distribusi, macam-macam perantara kegiatan
distribusi, kegiatan konsumsi dan factor yang mempengaruhinya,
4.
Mengasosiasikan
-
Menganalisis keterkaiatan antara
kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dalam pemenuhan kebutuhan dengan
bantuan LKS (Terlampir)
5.
Mengkomunikasikan
-
Perwakilan 1 kelompok
untuk mempresentasikan hasil kerja
kelompok, sementara peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan atas
presentasi yang telah disampaikan.
-
Setiap kelompok
melaporkan secara tertulis hasil dari analisis keterkaiatan
antara kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dalam pemenuhan kebutuhan
|
65
Menit
|
Penutup
|
-
Guru dan peserta didik bersama-sama
menyimpulkan hasil pembelajaran
-
Guru memotivasi peserta didik agar selalu bersyukur atas karunia Allah
yang telah mencukupi kebutuhan hidup melalui kegiatan ekonomi
-
Melakukan kegiatan evaluasi dengan
mengadakan post tes
-
Guru memberikan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan
-
Memberikan tugas agar peserta didik
membaca dan merangkum materi prinsip dan motif ekonomi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
-
Doa dan Salam Penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan
ke-2
|
||
Pendahuluan
|
-
Guru memberikan salam pembuka dan
mengajak peserta didik untuk bersama-sama berdoa sebelum memulai kegiatan
belajar
-
Guru mengecek kehadiran peserta didik
agar peserta didik terbiasa disiplin
-
Guru memotivasi peserta didik dengan
memberikan semangat belajar
-
Guru mereview kembali untuk
mengingatkan materi tentang kegiatan ekonomi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Apersepsi : setiap orang melakukan
kegiatan pasti didasari oleh dorongan dan prinsip, sama halnya ketika kita
akan melakukan kegiatan ekonomi.
|
5 Menit
|
Inti
|
Kegiatan Inti
Guru memberikan pengarahan dengan mengaitkan materi
kebuutuhan ekonomi dengan prinsip ekonomi, dimana manusia melakukan kegiatan
ekonomi alangkah baiknya didasari oleh prinsip ekonomi dan motif ekonomi.
1.
Mengamati
-
Membaca
pengertian motif dan prinsip ekonomi dari berbagai sumber yang relevan (buku
ekonomi pegangan peserta didik, internet)
2.
Menanya
-
Guru memberi pertanyaan kepada peserta
didik mengenai alasan kegiatan ekonomi harus didasari prinsip ekonomi
-
Peserta didik mengajukan pertanyaan
pertanyaan berkaitan materi prinsip dan motif ekonomi
3.
Mencoba
-
Peserta didik mendiskusikan contoh tindakan manusia yang didasari motif
ekonomi dengan teman sebangkunya
4.
Mengasosiasi
-
Membuat hubungan antara kegiatan ekonomi, motif dan prinsip ekonomi
dengan bantuan LKS (Terlampir)
|
35 Menit
|
Penutup
|
-
Guru dan peserta didik bersama-sama
menyimpulkan hasil pembelajaran,
-
Guru memotivasi peserta didik agar
selalu bersyukur atas karunia Allah yang telah mencukupi kebutuhan hidup
-
Guru
memberikan tugas rumah kepada peserta didik
-
Guru memberikan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan
-
Memberikan tugas agar peserta didik
membaca permasalahan ekonomi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
-
Doa dan Salam Penutup
|
5 Menit
|
H. Penilaian
(Lampiran
1.
Kompetensi Sikap Religius (Pertemuan 1 & 2)
a.
Teknik Penilaian: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Instrumen
|
|
Bersyukur
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
|
1
|
No. 1
|
-
Mengucapkan salam sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
|
1
|
No.2
|
2.
Kompetensi Sikap Sosial (Pertemuan 1 & 2)
a. Teknik Penilaian: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Instrumen
|
|
Jujur
|
Tidak mencontek dalam mengerjakan
tugas individu
|
1
|
No. 1
|
|
Disiplin
|
Mengumpulkan tugas
tepat waktu
|
1
|
No. 2
|
|
Percaya Diri
|
Berani
bertanya dan menyampaikan ide atau
gagasan
|
1
|
No. 3
|
3.
Kompetensi Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian:
1)
Tes tulis
2)
Penugasan
b.
Bentuk Instrumen:
1)
Soal tes tulis uraian
2)
Tugas kelompok
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
No Soal
|
Pertemuan 1
|
|||||
1
|
Menjelaskan
pengertian kegiatan pokok ekonomi
|
Tes tulis
|
Tes
Uraian
|
1
|
No.1
|
2
|
Menguraikan
macam-macamkegiatan pokok ekonomi
|
Tes Tulis
|
Tes
Uraian
|
5
|
No
2
No.3
No.4
No.5
No.6
|
Pertemuan 2
|
|||||
|
Menjelaskan
prinsip ekonomi
|
Penugasan
|
Tes Uraian
|
3
|
No.
1
No.
2
No
.3
|
|
Menjelaskan motif ekonomi
|
Penugasan
|
Tes Uraian
|
3
|
No.4
No.5
No.6
|
4.
Kompetensi Keterampilan
a.
Teknik: Praktik
b.
Bentuk Instrumen: Check
list
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Memaparkan
hasil analisis keterkaitan kegiatan pokok ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan
|
Praktik
|
No. 1
|
2.
|
Terampil menganalisis
keterkaitan antara prinsip ekonomi dengan motif ekonomi
|
Praktik
|
No. 2
|
Mengetahui
Kepala SMA…. Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
…………………. ………………
NIP. NIP.