7 HAL YANG WAJIB DI KUNJUNGI KETIKA BERKUNJUNG KE YOGYAKARTA

7 HAL YANG WAJIB DI KUNJUNGI KETIKA BERKUNJUNG KE YOGYAKARTA

1.Hutan Wisata Kalibiru

Hutan wisata yang berada di kulon progo ini mempunyai daya tarik yang sangat mempesona, utuk menuju kesana dari yogyakarta dibutuhkan waktu kurang lebih 1-1,5 jam perjalanan. Untuk menuju kesana kalian harus punya nyali yang besar karena untuk menuju kesana jalanan naik turun akan kalian jumpai. Desa dengan ketinggian sekitar 450 Mdpl ini yang terletak dikawasan perbukitan menoreh yang mempunyai pemandangan yang sangat mempesona.

Beragam aktifitas bisa kalian nikmati disana,mulai dari wisata pedesaan,wisata pendidikan,wisata budaya,outbound,gardu pandang dan trekking.disana jg menyediakan cottage,joglo pertemuan dan flying fox.untuk trekking jalur yang bisa ditempuh yaitu : 1,5 Km, 3 Km, 5 Km dan 7 Km.khusus untuk trekking jarak 7 Km anda bisa melihat waduk sremo.

2.Candi Prambanan

Candi yang menjulang setinggi 47 Meter merupakan maha karya kejayaan hindu pada abad ke 10,bahkan negara tetangga kita membangun menara kembar yg merupakan menara tertinggi di negara mereka mengadopsi dari arsitek bangunan candi prambanan. Candi ini terletak 17 km dari pusat kota yogyakarta.


Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat jawa tentang candi ini,konon ada seorang lelaki bernama Bandung Bondo Woso yang mencintai Roro Jonggrang. karena tidak mencintai Bondo Woso,Roro Jonggrang pun membuat permintaan yang mustahil untuk dilakukan yaitu membuat 1000 candi.Tapi permintaan Roro jonggrang ternya tidak membuat Bandung Bondowoso mundur, permintaan Roro Jonggrang pun hampir berhasil diselesaikan,tetapi ketika Bondowoso hampir menyelesaikan candi terakhirnya Jonggrang Menyuruh warga kampung untuk menumbuk padi dan membuat api besar agar tercipta suasana sepeti pagi hari.Bondowoso yang tau kejadian itu akhirnya mengutuk Roro Jonggrang sebagai candi yang ke 1000 karena merasa di curangi.
3.Istana Ratu Boko

Istana yang terletak tidak jauh dari candi prambanan ini merupakan peninggalan dinasti syailendra. Istana ini terbagi menjadi 4 yaitu tengah,barat,tenggara dan timur berada di istna ini anda bisa merasakan kedamain sekaligus bisa melihat pemandangan berupa candi prambanan dan latar gunung merapi. Jika anda berkunjung ke Yogjakarta tidak salahnya singgah di tempat ini untuk mendapatkan kedamaian

4. Pantai Indrayanti

Terletak di sebelah timur pantai sundak yang dibatasi dengan bukit karang merupakan pantai yang berbeda dari pantai-pantai yang berada di gunung kidul yogyakarta. Selain memiliki pasir putih,air yang biru pantai ini juga dilengkapi dengan resto dan cafe di sepanjang pantai yang tidak kita temui di pantai gunung kidul lainya.selain itu di pantai indrayanti juga banyak kita temui penginapan di sepanjang jalan.

5.Pantai Jogan
   
Pantai yang merupakan satunya yang berada di yogyakarta,dikatakan satunya karena hanya di pantai ini di yogyakarta yang mempunyai air terjun,ketinggian air terjun sekitar 10 meter dengan sumber air yang berasal dari area perbukitan di sebelah utara. Dari puluhan pantai yang tersebar di yogyakarta pantai jogan merupakan pantai yang sangat istimewa dengan air terjunya.

6. Keraton Yogyakarta

Keraton yang merupakan tempat tinggal sultan ini wajib dikunjungi,tidak sempurna jalan-jalan ke jogya tanpa mengunjungi istana ini. Di komplek istana ini terdapat Gladhag Pangurakan, Alun alun lor,Mesjid Gedhe Kesultanan,Komplek Pagelaran,Siti Hinggil Ler, Kamndhungan Lor, Sri Manganti, Kedathon, Kamagangan, Kamandhungan kidul, Siti Hinggil Kidul, alun alun kidul dan Plengkung Nirbaya

7.Malioboro

Tidak lengkap ke yogyakarta tanpa ke malioboro,Sepanjang jalan kalian bisa menemukan souvenir,kerajinan tangan, batik dan berbagai kerajinan di sediakan disini.tidak ke yogya tanpa mampir ke malioboro.