7 HAL YANG WAJIB DI KUNJUNGI KETIKA BERKUNJUNG KE DIENG

Inilah 7 hal yang wajib dikunjungi ketika kalian datang ke Dieng?

1. Gunung Prau
Gunung dengan ketinggian 2565 ini merupakan salah satu gunung yang indah di Jawa Tengah. Untuk menuju kesana kalian bisa menggunakan beberapa alternatif jalur, jalur utara dan jalur selatan. Ketika lewat jalur utara jarak tempuhnya lumayan lama sekitar 6 jam,kalian akan melewati kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal sedangkan untuk jalur selatan kalian akan melewati Desa Patak Banteng, durasi perjalanan juga relatif lebih singkat yakni sekitar 2-3 jam.

2. Bukit Si Kunir
Bukit Sikunir terletak di desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut. Bukit sikunir tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Penampakan spot sunrise dibukit sikunir merupakan salah satu yang terbaik, bukit sikunir yang relatif mudah untuk didaki merupakan salah satu alternatif bagi mereka penikmat sunrise tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mencapai puncaknya. Sempatkanlah ke bukit sikunir ketika kalian berkunjung ke dieng,karena panorama dan hawa dinginya akan membuat kalian betah dan berlama-lama disana.

3. Telaga Warna
Telaga warna terletak di Kecamatan Kejajar,Wonosobo,Jawa Tengah.Telaga yang mempunyai keunikan airnya yang bisa berubah-ubah ini di kelilingi perbukitan dengan hawa dingin dan sejuknya dan rindangnya pepohonan. Selain penampakan air yang bisa berubah-ubah disana juga ada beberapa goa dan telaga lainya yang dinamakan pengilon. Sesuai dengan namanya yang berarti kaca,ketika kalian ke telaga pengilon penampakan airnya yg seperti kaca seolah-olah kalian bisa berkaca di danau pengilon ini.

4. Candi Dieng
Di Dieng terdapat beberapa candi, ada Candi Arjuna,Candi Semar, Candi Srikandi,Candi Sembadra, Candi Puntadewa,Gatutkaca,Dwarapati,Candi Bima,dll. Bagi pecinta peninggalan bersejarah mungkin bisa menjadi alternatif kunjungan ketika kalian datang ke Dieng.

5. Kawah Sikidang
Dieng merupakan kawasan pegunungan vulkanik yang masih aktif sampai sekarang,tidak salah disana ditemukan beberapa kawah salah satunya kawah sikidang,selain kawah sikidang disana ada juga kawah sileri dan candradimuka. Yang membuat unik dikawah sikidang adalah rekahan kawah yang selalu berpindah-pindah,tidak salah ketika kalian kesana kalian akan menemukan beberapa rekahan kawah yang sudah mati dengan bekas lumpur-lumpurnya. Ketika kalian kesana disarankan membawa masker karena bau belerangnya yang sangat pekat.

6. Air Terjun Si Karim
Untuk menuju kesana kalian bisa dari desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di pulau jawa,dari namanya saja sudah desa tertinggi,tidak kebayangkan susahnya untuk menuju air terjun Sikarim. Memang benar untuk menuju air terjun Sikarim memerlukan usaha yang sangat keras,perjalanan sekitar 2-3 jam harus kalian tempuh dengan jalan yang naik turun untuk menuju kesana.

7. Sumur Jalatunda
Sumur ini terletak sekitar 2000 Mdpl, Sumur ini berdimaeter sekitar 90 meter. Mitos yang berkembang di Masyarakat asal muasal sumur itu adalah bekas pijakan Bima yang sedang marah, sehingga menginjakkan kakinya di tanah sehingga terbentuklah sumur tersebut

Itulah 7 tempat yang wajib kalian kunjungi versi penulis,apabila ada pertanyaan bisa disampaikan lewat komentar dibawah....sampai ketemu di artikel selanjutnya....